Tersedia 9.800 Ton, Stok Beras Jelang Natal dan Tahun Baru Aman

Duniabola99.org –  Stok beras menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru di wilayah Blitar, Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur, dipastikan aman. Saat ini, di gudang Badan Urusan Logistik Sub Divisi Regional Tulungagung (wilayah Tulungagung, Blitar dan Trenggalek) telah tersimpan sebanyak 9.800 ton beras. “Sampai empat bulan ke depan stok beras dipastikan aman,” ujar Kepala Perum Bulog Subdivre Tulungagung, Krisna Murtianto.

Dalam setiap bulan, Bulog mengeluarkan beras sebanyak 2.700 ton. Beras yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, dan Kabupaten Trenggalek. Menurut Krisna, meski memiliki stok aman, Bulog tetap melakukan penyerapan padi. Bulog tetap melakukan pembelian di petani. “Sebab menjelang Natal dan Tahun Baru biasanya permintaan naik,” terangnya, Selasa (5/12/2017).

Kepala Seksi (Kasi) Pupuk Pestisida dan Alat Mesin Pertanian, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tulungagung, Tri Widiyono Agus Basuki mengatakan musim penghujan adalah puncak masa tanam petani. Sebagian besar petani beragraris dengan menanam padi. “Bila musim kemarau beralih ke palawija,” ujarnya.

Sesuai data Dinas Pertanian, luas lahan pertanian Tulungagung mencapai 25.000-30.000 hektare. Adapun jumlah petani yang terdata sebanyak 56.000 orang. Dalam setahun petani mengalami tiga kali panen di lahan yang sama.

Facebook Comments
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR Agen Judi Online